digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK_Sofiana Estiningtyas
PUBLIC Open In Flipbook Perpustakaan Prodi Arsitektur

Pendidikan di Indonesia saat ini menghadapi tantangan besar, terutama terkait motivasi siswa. Rapor Pendidikan Indonesia 2023 menunjukkan bahwa hanya 61,53% siswa sekolah dasar memenuhi kompetensi minimum literasi, dan 46,67% dalam numerasi. Selain itu, Indonesia menempati peringkat ke-72 dari 79 negara dalam literasi menurut PISA 2022. Dampak pascapandemi COVID-19 memperburuk situasi ini, dengan 53,3% siswa mengalami tekanan emosional yang signifikan. Tekanan tersebut, ditambah dengan metode pembelajaran yang monoton, berdampak negatif pada motivasi belajar mereka. Lingkungan sekolah yang tidak mendukung eksplorasi dan interaksi turut memengaruhi motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penyediaan lingkungan belajar yang optimal harus mempertimbangkan keberagaman dan keunikan alami setiap anak. Sayangnya, pendekatan pendidikan di Indonesia masih didominasi oleh pencapaian standar kompetensi seragam. Hal ini menyebabkan kesalahpahaman tentang filosofi pendidikan, di mana anak-anak seharusnya dipandang sebagai pembelajar alami. Akibatnya, mewujud ke ruang pembelajaran yang kaku dan tidak mendukung eksplorasi, yang pada akhirnya menghilang "The Joy of Learning" dalam lingkungan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan merancang lingkungan fisik yang mendukung perkembangan holistik anak melalui pendekatan neuroarchitecture. Neurosains berperan dalam menjelaskan bahwa pengalaman tubuh tidak hanya terjadi secara langsung, tetapi juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti informasi persepsi, informasi internal, dan memori tubuh. Ini menjadi landasan penting dalam memahami bagaimana lingkungan fisik dapat memengaruhi pikiran dan tubuh kita. Penelitian ini berupaya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan interaksi fisik anak. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas lingkungan belajar di Indonesia dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.