Maria Vianney Kristeva Chiana (17319016)
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Autism Spectrum Disorder (ASD) dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
adalah kondisi yang tergabung sebagai bagian dari neurodevelopmental disorders.
Indikator utama pada anak pengidap ASD dan/atau ADHD adalah masalah dalam
bersosialisasi, kesulitan meregulasi emosi, serta gangguan fungsi eksekutif yang
berpengaruh terhadap kemampuan belajar dan bekerja. Gejala kondisi ini biasanya mulai
tampak saat anak menginjak usia 2 tahun atau ketika mulai bersekolah. Berbagai kesulitan
yang dialami anak-anak pengidap ASD dan/atau ADHD membuat mereka lebih sering
mengalami perundungan karena dianggap aneh atau berbahaya. Keberadaan stigma buruk
masyarakat terhadap anak-anak pengidap ASD dan/atau ADHD beserta orang tuanya pun
turut memperburuk situasi; di mana hal tersebut kerap kali membuat mereka merasa
bahwa kondisi ini adalah hal yang tabu dan perlu disembunyikan, sehingga menjadi
hambatan bagi mereka untuk mencari pertolongan profesional. Di tengah peliknya situasi
ini, terapi kreatif mampu menjadi alternatif penanganan yang aman dan bebas
penghakiman bagi anak-anak pengidap ASD dan/atau ADHD untuk mengekspresikan
dirinya, sehingga kondisi mental mereka secara keseluruhan dapat meningkat.
Perancangan ini bertujuan untuk membangun ruang inklusif bagi anak-anak dengan ASD
dan/atau ADHD beserta orang tuanya. Konsep desain dilandaskan pada kebutuhan
penggunanya akan ketenangan, kenyamanan, dan rasa aman. Ide ini utamanya
diwujudkan dengan menggunakan warna yang menenangkan untuk meredakan
kekacauan pikiran pengguna, bersamaan dengan penggunaan material dengan tekstur
yang beragam sebagai sarana stimulasi untuk mencegah kejenuhan. Keseimbangan
sensori ini pada akhirnya akan melahirkan ekuilibrium di dalam tubuh dan pikiran
pengguna, membawa mereka semakin dekat menuju hidup sehat dengan kualitas yang
memuaskan. Harapannya, keberadaan fasilitas ini mampu membuat anak-anak pengidap
ASD dan/atau ADHD beserta orang tua mereka merasa tidak sendirian dan mendapat
sepercik harapan bahwa kondisi ini bisa ditingkatkan menjadi lebih baik, serta
menyadarkan mereka bahwa kondisi ini bukanlah suatu aib yang harus disembunyikan.
Perpustakaan Digital ITB