Carissa A.B Harianja [17421094]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Indonesia memiliki kekayaan satwa endemik yang sangat beragam, mencerminkan
tingginya keanekaragaman hayati di wilayah ini. Namun, ancaman perburuan liar
menyebabkan beberapa satwa endemik Pulau Jawa, seperti badak jawa, macan tutul jawa
dan trulek jawa, berada di ambang kepunahan. Situasi ini dinilai darurat oleh berbagai
pihak konservasi, sehingga dibutuhkan perhatian dari seluruh masyarakat, terutama
anak-anak sebagai penerus bangsa. Namun, tingkat kesadaran anak usia 7-12 tahun akan
isu darurat kepunahan masih rendah. Oleh karena itu, harus ada aksi untuk meningkatkan
kesadaran tersebut guna mencegah kepunahan di masa mendatang.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang game edukasi berbasis adventure yang mampu
menanamkan kepedulian terhadap satwa endemik melalui pengalaman bermain yang
interaktif. Perancangan dilakukan dengan pendekatan gamifikasi, mencakup elemen
eksplorasi, tantangan, sistem konsekuensi, serta mini puzzle yang terintegrasi dalam
narasi. Pemain akan memerankan karakter utama dan diberikan kebebasan dalam memilih
jalan cerita, sehingga mereka dapat merasakan langsung dampak dari keputusan yang
diambil dalam konteks perburuan liar dan pelestarian satwa.
Metode penelitian meliputi studi literatur, wawancara dengan dosen biologi dari Sekolah
Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB untuk memastikan keakuratan materi konservasi,
serta konsultasi dengan psikolog anak guna menyesuaikan konten game dengan tahap
perkembangan kognitif anak usia 7-12 tahun. Selain itu, survei kuesioner dilakukan untuk
mengetahui tingkat kesadaran awal anak terhadap isu kepunahan untuk menguji
efektivitas konsep game yang dikembangkan dalam menyampaikan pesan edukasi secara
tepat dan menarik.
Perpustakaan Digital ITB