digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perubahan karakteristik dari siswa membuat fokus future learning saat ini menjadi beradaptasi untuk menyeimbangi kebutuhan dan ekspektasi siswa. Salah satu bentuk adaptasi tersebut adalah beralih ke sistem digital, atau pada dunia pendidikan dikenal dengan E-Learning yang mempunyai beberapa kelebihan seperti tidak ada batasan waktu saat menggunakannya, maupun batasan tempat saat mengaksesnya hingga penggunaan gamifikasi. Selain penggunaan gamifikasi juga terdapat penggunaan digital video game sebagai alat pembelajaran yang disebut Digital Game-Based Learning. Penggunaan Digital Game-Based Learning ini adalah untuk membantu beberapa pekerjaan seperti memorization, quizzing dan drilling serta game digital membantu siswa mempelajari subjek pada konteks yang menjadi bagian dari sistem interaktif. Maka dari itu kegiatan yang diusulkan adalah membangun Digital Game-Based Learning untuk mata pelajaran matematika kelas 8 dengan materi SPLDV dengan menggunakan card games. pengembangan digital game-based learning ini menggunakan metode multimedia development life cycle yang terdiri dari concept, design, obtaining content material, assembly dan testing. Digital Game-Based Learning ini menggunakan jenis card game yang cocok untuk memorization, concept matching dan pengenalan pola. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa perancangan digital game-based learning pada platform vidyanusa untuk generasi Z telah berhasil dilakukan. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa digital game-based learning berjenis card game ini dapat digunakan sebagai media pendukung pembelajaran generasi Z terbukti dengan 26,18% responden mengatakan sangat setuju dan 31,27% responden mengatakan setuju cerita yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari akan membuat siswa lebih memahami konsep pembelajaran lebih cepat.