2025 SK PP Reihan Naufarizky [19022029] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Meningkatnya minat investasi berkelanjutan yang kian dibahas di media sosial dan jurnal jurnal akademik, bersamaan dengan meningkatnya minat investor Generasi Z terhadap pasar modal Indonesia memunculkan sebuah pertanyaan tentang bagaimana preferensi ESG memengaruhi keputusan investasi. Secara tradisional, keputusan investasi didorong oleh metrik keuangan seperti laba dan pendapatan. Namun, meningkatnya kesadaran akan investasi berkelanjutan dapat memuat pernyataan bahwa faktor-faktor non-finansial dapat menjadi pertimbangan bagi para investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi investor Gen Z terhadap dimensi Lingkungan (E), Sosial (S), dan Tata Kelola (G) suatu perusahaan terhadap ekspektasi return saham, serta mengidentifikasi mana dimensi ESG yang paling signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan menghasilkan 457 responden investor Gen Z di Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga dimensi ESG berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekspektasi return saham investor Gen Z. Kinerja Sosial (S) ditermukan memiliki pengaruh paling dominan, diikuti dengan Tata Kelola (G), dan kemudian lingkungan (E).
Perpustakaan Digital ITB