2025 SK PP Final Project_Nadine Cinta Putri J_19222028
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh Gen Z dan Millennials. Platform ini digunakan oleh merek untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens mereka, namun dalam konteks industri fashion-sportswear, faktor yang mempengaruhi keterlibatan pelanggan terhadap konten merek masih belum jelas. Studi ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen (Gen Z dan Millennials) untuk berinteraksi dengan konten merek di Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, melibatkan 202 responden berusia 17 hingga 35 tahun yang tinggal di Jabodetabek dan Bandung. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang didistribusikan melalui platform media sosial dan dianalisis menggunakan Regresi Linier Berganda (MLR) di SPSS. Hasil menunjukkan bahwa baik jenis konten maupun jenis media secara signifikan mempengaruhi Customer Brand Engagement (CBE), dengan interaktivitas muncul sebagai sub-variabel yang paling berpengaruh. Meskipun kejelasan juga menunjukkan signifikansi statistik, dampaknya terhadap keterlibatan paling lemah. Dalam dimensi jenis konten, konten remuneratif secara konsisten menunjukkan tingkat signifikansi tertinggi di seluruh model, sedangkan konten hiburan memiliki pengaruh yang lebih kuat secara keseluruhan terhadap CBE, menyoroti efektivitasnya dalam menarik perhatian pengguna dan mendorong interaksi. Penelitian ini berkontribusi pada literatur akademik dengan memperluas penerapan kerangka kerja Cvijikj & Michahelles (2013) dalam konteks Instagram untuk industri fashion-sportswear, serta memberikan wawasan praktis bagi bisnis, terutama dalam industri sportswear tahap awal, dalam merancang strategi konten berbasis bukti yang memanfaatkan konten dan faktor media berdampak tinggi untuk memaksimalkan keterlibatan.
Perpustakaan Digital ITB