COVER Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Hanandito Pramadhan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
PT X adalah perusahaan manufaktur logam lembaran dengan sistem produksi job shop yang
sangat bergantung pada pesanan pelanggan. Informasi progres order yang akurat dan realtime
menjadi krusial untuk menunjang operasional dan kepuasan pelanggan. Sistem
pelacakan order yang ada saat ini masih memiliki keterbatasan, seperti akses terbatas,
tampilan tidak interaktif, dan kesulitan penggunaan. Proyek ini bertujuan merancang dan
mengevaluasi prototipe sistem chatbot berbasis Large Language Model (LLM) yang
mendukung pelacakan order secara efektif, efisien, dan mudah digunakan oleh Divisi Sales
and Marketing.
Perancangan sistem dilakukan menggunakan pendekatan Framework for the Application of
Systems Thinking (FAST) yang mencakup tujuh tahap: scope definition, problem analysis,
requirement analysis, logical design, decision analysis, physical design and integration,
serta construction and testing. Tahap installation and delivery menjadi batasan proyek.
Prototipe yang dikembangkan diuji melalui usability testing terhadap 15 partisipan dari
Divisi Sales and Marketing dengan tiga pendekatan utama: pengukuran efektivitas (task
completion rate), efisiensi (time on task dan chatbot delay time), dan observasi kesalahan.
Selain itu, dilakukan evaluasi kualitatif melalui Retrospective Think Aloud (RTA) dan
kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) serta Chatbot Usability Questionnaire
(CUQ).
Hasil proyek ini berupa prototipe chatbot pelacakan order yang dapat membantu staf
mencari dan memberikan informasi progres order kepada pelanggan secara otomatis.
Prototipe telah diverifikasi berdasarkan kebutuhan fungsional dan divalidasi terhadap system
improvement objectives oleh pihak manajemen PT X. Dari hasil evaluasi, chatbot
menunjukkan rata-rata task completion rate sebesar 98%, dengan durasi pengerjaan tugas
yang efisien dan tingkat kesalahan minimal. Partisipan juga memberikan tanggapan positif
pada UEQ dan CUQ, menunjukkan bahwa sistem telah memenuhi ekspektasi dalam hal
kegunaan, kenyamanan, dan pengalaman pengguna. Hasil rancangan perbaikan chatbot
didasarkan pada hasil evaluasi usability dan dijadikan rekomendasi pengembangan
selanjutnya.
Perpustakaan Digital ITB