BAB I Ananda Prasetyani [27123040]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Ananda Prasetyani [27123040]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Ananda Prasetyani [27123040]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Ananda Prasetyani [27123040]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Pembelajaran Al-Qur’an bagi anak disabilitas rungu masih menghadapi berbagai
tantangan yaitu minimnya Lembaga Pendidikan yang menyediakan pembelajaran
Al-Qur’an Isyarat, terbatasnya materi pembelajaran dalam format visual, serta
keterbatasan kemampuan orang tua dalam mengajarkan isyarat menjadi faktor
utama yang menjadi kesenjangan akses pembelajaran agama bagi anak disabilitas
rungu. Huruf hijaiyah merupakan fondasi utama dalam membaca Al-Qur’an,
sehingga pengenalan isyarat hijaiyah menjadi tahap penting sebelum anak belajar
membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi mobile
pembelajaran isyarat hijaiyah yang dirancang khusus untuk anak disabilitas rungu
usia 7-11 tahun, dengan studi kasus Rumah Qur’an Isyaroh. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian double diamond. Proses perancangan mengacu
pada pendekatan Child computer Interaction untuk memastikan desain aplikasi
sesuai dengan karakteristik kognitif dan visual anak usia 7- 11 tahun. Pengujian
aplikasi ini dilakukan menggunakan uji heuristik pada 3 ahli isyarat dan UEQ-S
pada 7 siswa Rumah Qur’an Isyaroh berusia 7-11 Tahun. Hasil evaluasi heuristik
menunjukkan bahwa aspek konsistensi dan estetika mendapat nilai tinggi,
sedangkan navigasi dan feedback masih perlu perbaikan. Sementara itu hasil UEQ
S menunjukkan dimensi efesiensi memperoleh nilai tertinggi, mencerminkan
kemudahan penggunaan, sedangkan nilai kejelasan memperoleh skor terendah yang
mengindikasikan kebutuhan akan intruksi yang lebih jelas. Secara kesuluruhan
aplikasi ini dinilai memberikan pengalaman baik dan menyenangkan, serta
memiliki potensi kuat untuk mendukung pembelajaran isyarat hijaiyah.
Perpustakaan Digital ITB