digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Diandra Rayya Suryasaputra [17421100]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Masa transisi anak dari Taman Kanak-Kanak (TK) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan fase yang penting dalam perkembangan sosial emosional anak. Perubahan ini seringkali mempengaruhi kesiapan anak untuk beradaptasi pada lingkungan baru dan mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media berupa animasi serial yang akan membantu dan mengurangi rasa cemas anak-anak usia dini menghadapi transisi ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Design Thinking, yang mencakup wawancara dengan psikolog anak, guru, dan konsultan animasi, serta observasi langsung di lingkungan sekolah dasar negeri di Bandung. Kajian pustaka dilakukan untuk memahami perkembangan media animasi dan perkembangan anak dalam berbagai aspek di usia dini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media animasi dengan durasi singkat, karakter yang relatable, cerita yang ringan, dan elemen visual yang cerah dan menarik dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri serta gambaran situasi baru. Perancangan ini diharapkan dapat memberi pemanfaatan akademis sebagai referensi pengembangan media, serta praktis sebagai alat bantu bagi orang tua dan guru.