digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Layanan transportasi shuttle bus telah menjadi altematif penting dalam mobilitas masyarakat, terutama di kota-kota besar negara Indonesia. Namun, peningkatan terhadap permintaan transportasi shuttle bus tidak sejalan dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Meskipun saat ini sudah ada banyak aplikasi pemesanan shuttle bus, aplikasi tersebut belum sepenuhnya mengutamakan kebutuhan dan pengalaman pengguna, sehingga tidak bisa meningkatkan kualitas pelayanan transportasi shuttle bus. Penelitian tugas akhir akan berfokus pada pengembangan desain interaksi yang dapat membantu proses pemesanan layanan shuttle bus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah user-centered design, dengan fokus pada kebutuhan pengguna dalam proses pengembangan desain interaksi. Desain interaksi aplikasi pemesanan layanan shuttle bus dirancang agar dapat mencapai usability goals efjicient to use dan effective to use, serta user experience goals helpful. Hasil pengujian menunjukkan bahwa partisipan berhasil menyelesaikan tugas dengan rata-rata waktu 19,08% lebih cepat dibandingkan pengujian pada iterasi sebelumnya. Dengan demikian, prototipe dinilai sudah memenuhi usability goals efjicient to use. Hasil pengujian menggunakan metode SEQ menunjukkan bahwa seluruh task scenario dapat diselesaikan sebesar 100%, membuktikan bahwa prototipe yang dirancang memenuhi usability goals effective to use. Hasil pengujian dengan metode SUS menunjukkan perolehan skor rata-rata 93,125, menunjukkan bahwa prototipe sudah memiliki usability yang baik dan berhasil membantu pengguna untuk mencapai tujuannya dalam menggunakan aplikasi pemesanan layanan shuttle bus.