digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Proses pemesanan pada aplikasi layanan antar makanan GoFood saat ini belum sepenuhnya efisien dalam menangani skenario pemesanan dari lebih dari satu toko dalam satu pusat perbelanjaan. Permasalahan utama yang ditemukan adalah adanya proses berulang dalam pemesanan terhadap pemesanan yang melibatkan lebih dari satu toko. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain interaksi fitur pemesanan multi-toko menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Proses perancangan dilakukan melalui dua iterasi, dimulai dari pemahaman konteks penggunaan melalui observasi dan survei pengguna, identifikasi kebutuhan pengguna, pembuatan prototipe, hingga evaluasi melalui usability testing dan pengukuran beban kognitif. Prinsip grouping dalam teori Gestalt diterapkan untuk menyusun elemen visual agar lebih mudah dipahami dan mengurangi beban informasi. Hasil dari penelitian ini berupa high-fidelity prototype yang terbukti mampu meningkatkan efisiensi penggunaan dan menurunkan beban kognitif pengguna. Desain akhir memenuhi tujuan usability yaitu effective dan easy to use, serta mendukung tujuan pengalaman pengguna (UX goal) yaitu helpful.