digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia merupakan negara pengguna sepeda motor terbanyak ke-3 di Asia. Akan tetapi, tingginya penggunaan sepeda motor ini juga diiringi dengan tingginya angka kecelakaan. Salah satu satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas di jalanan adalah penggunaan ponsel sambil bermotor. Penelitan terdahulu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prevalensi penggunaan ponsel pada pagi dan siang hari. Meskipun penggunaan ponsel saat bermotor merupakan isu yang penting, namun penelitian mengenai seberapa jauh efek penggunaan ponsel terhadap aktivitas berkendara belum banyak dikaji. Jumlah pengguna motor yang sangat tinggi di Indonesia dan angka pengguna ponsel saat bermotor yang cukup tinggi di Indonesia, menunjukkan perlu dikajinya efek penggunaan ponsel terhadap aktivitas bermotor. Selain itu, adanya perbedaan terkait waktu pagi dan siang dan kecenderungan penggunaan ponsel saat bermotor menunjukkan perlu dikajinya faktor perbedaan waktu pagi dan siang terhadap aktivitas penggunaan ponsel sambil bermotor. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh waktu pagi dan siang terhadap penggunaan ponsel saat bermotor yang ditinjau dari performansi, atensi dan situation awareness. Penelitian dilakukan dengan quasi experiment di jalan di dalam kampus Institut Teknologi Bandung dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan dan protokol COVID-19. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang tenaga akademik laki-laki di ITB. Pada penelitian ini, performansi saat bermotor sambil menggunakan ponsel diukur melalui rata-rata kecepatan; aspek atensi dilihat dari aktivitas gelombang alpha, beta, dan theta; sedangkan situation awareness diukur secara subjektif dengan menggunakan kuesioner SART. Hasil pengolahan data dengan analysis of variance (ANOVA) within subject design menunjukkan bahwa terdapat perbedaan performansi, atensi, dan situation awareness saat menggunakan ponsel dan tidak menggunakan ponsel saat bermotor. Penggunaan ponsel saat bermotor menunjukkan penurunan performansi dan situation awareness dibandingkan tidak menggunakan ponsel saat bermotor. Sedangkan untuk aspek atensi, penurunan signifikan hanya dijumpai pada aktivitas penggunaan ponsel saat bermotor (mengangkat panggilan telepon dan mengabaikan panggila telepon) terhadap peningkatan relative band power beta pada temporal kanan. Berdasarkan waktu pagi dan siang, tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap performansi, atensi, dan situation awareness seseorang pada saat menggunakan ponsel sambil bermotor. Rata-rata kecepatan dan atensi lebih rendah di pagi hari, Namun performansi, atensi, dan situation awareness pada saat menggunakan ponsel saat bermotor lebih rendah pada saat pagi hari dibandingkan dengan siang hari.