digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Manajemen persediaan suku cadang sepeda motor merupakan tantangan penting di industri otomotif khususnya di Indonesia karena memiliki volume pasar yang sangat besar. Tugas akhir ini bertujuan untuk membantu menyelesaikan masalah distribusi suku cadang dengan menentukan nilai optimal jumlah kuantitas pemesanan dan safety stock (SS) untuk berbagai jenis suku cadang secara simultan pada satu periode pemesanan. Optimisasi dilakukan dengan mempertimbangkan tiga tujuan, yaitu meminimalkan total biaya, memaksimalkan tingkat layanan pelanggan atau cycle service level (CSL), dan memaksimalkan perputaran persediaan atau inventory turnover (ITO). Dengan demikian, jumlah pemesanan dan SS yang optimal di setiap suku cadang dapat meminimalkan risiko kekurangan persediaan sekaligus mengurangi potensi penumpukan barang. Penelitian ini bekerjasama dengan PT. Daya Anugrah Mandiri atau lebih dikenal Daya Motor yang merupakan salah satu distributor honda terbesar di Indonesia. Proses optimisasi diawali dengan melakukan prediksi estimasi permintaan suku cadang untuk periode berikutnya menggunakan metode Prophet. Selanjutnya, solusi Pareto optimal dari permasalahan optimisasi diperoleh melalui Reference Vector Guided Evolutionary Algorithm (RVEA) dan Non-Dominated Sorting Genetic Algorithm II (NSGA II). Setelah itu, satu solusi final dipilih melalui metode interaktif Sinkronisasi NIMBUS yang melibatkan pengambil keputusan sehingga solusi final yang diberikan tidak hanya optimal tetapi juga selaras dengan preferensi pengambil keputusan dan kebutuhan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NSGA II menghasilkan solusi yang lebih unggul dibanding RVEA. Model optimisasi ini memberikan rekomendasi nilai safety stock (SS) dan jumlah kuantitas pemesanan (Sugor) untuk 50 jenis suku cadang di salah satu cabang Daya Motor. Model optimisasi yang dikembangkan beserta hasilnya dapat berfungsi sebagai alat bantu keputusan yang efektif dan selaras dengan prioritas strategis perusahaan.