digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini menganalisis permasalahan lalu lintas menggunakan model kinematik. Model ini mengamati lalu lintas secara makroskopis, dengan variabel-variabel utama kepadatan (????), kecepatan rata-rata (????), dan fluks kendaraan (????). Model Greenshield digunakan untuk memodelkan hubungan fluks-kecepatan-kepadatan. Metode karakteristik diterapkan untuk memperoleh solusi dari permasalahan Riemann pada model kinematik. Dengan menggunakan metode grafik sebagai alternatif yang lebih sederhana, interpretasi terhadap permasalahan Riemann pada beberapa permasalahan lalu lintas dibahas. Selanjutnya, metode grafik ini diterapkan untuk permasalahan lalu lintas yang lebih kompleks, yaitu persimpangan dengan lampu lalu lintas dan hambatan pada ruas jalan (bottleneck). Hasil analisis menunjukkan bahwa traffic demand mempengaruhi apakah antrian di persimpangan dengan lampu lalu lintas terurai sepenuhnya atau tidak. Antrian dapat terurai pada traffic demand rendah, namun menumpuk dan memanjang pada traffic demand tinggi. Untuk kasus bottleneck, durasi dan panjang antrian juga bergantung pada traffic demand. Secara keseluruhan, analisis ini cukup efektif dalam memprediksi kemacetan lalu lintas, sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan dan manajemen lalu lintas yang lebih baik.