ABSTRAK Rasyeeda Atiqah binti Roslan
PUBLIC Erlin Marliana Effendi
COVER Rasyeeda Atiqah binti Roslan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Rasyeeda Atiqah binti Roslan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Rasyeeda Atiqah binti Roslan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Rasyeeda Atiqah binti Roslan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Rasyeeda Atiqah binti Roslan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Rasyeeda Atiqah binti Roslan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Rasyeeda Atiqah binti Roslan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Air Traffic Management (ATM) merupakan pengelolaan fungsi udara dan fungsi darat yang menentukan keselamatan dan efisiensi pergerakan pesawat selama fase beroperasi. Salah satu pelayanan ATM adalah Air Traffic Services (ATS) yang difasilitasi oleh air traffic control (ATC). Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) digunakan oleh sebagian besar pesawat untuk melacak dan merekam data pergerakan pesawat. Data ini dapat diterima oleh ATC ground station sebagai pengganti radar pengawasan sekunder, karena tidak diperlukan sinyal interogasi dari darat. Data penerbangan yang tersimpan oleh ADS-B ini akan digunakan untuk mengekstrak data parameter prestasi penerbangan untuk menentukan model kinematika pesawat. Model parameter prestasi terbang ini dikembangkan untuk fase initial climb, climb, descent, dan final approach. Untuk memperoleh data ini, beberapa proses telah dilalui mulai dari proses pengumpulan data, pengolahan awal data dan pengolahan data. Data dikumpulkan dari sumber terbuka seperti FlightRadar24, pada penerbangan yang mendarat dan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Point-mass model digunakan untuk mengasumsikan simulasi model kinematik. Karena model kinematik hanya menggambarkan gerakan pesawat Oleh sebab itu, pemodelan kinematika pesawat ini perlu diperkembangkan secara praktis agar dapat diaplikasikan pada simulator ATM.