2025 SK PP Dinda Rafitri Dhua Aniva [19022128] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Adopsi teknologi digital yang cepat telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk penggunaan platform media sosial seperti TikTok sebagai sarana pembelajaran informal. Sebagai salah satu platform paling populer di kalangan Gen Z, TikTok memberikan tipe video pendek yang menarik secara visual dan sesuai dengan preferensi Gen Z, sehingga berpotensi menjadi media penyampaian konten edukatif yang ringan, seperti tips, wawasan akademik singkat, atau fakta menarik. Meskipun memiliki potensi tersebut, tingkat keterlibatan terhadap konten e dukasi di TikTok masih relatif rendah dibandingkan dengan kategori konten lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang dapat mendorong keterlibatan Gen Z terhadap konten edukasi di TikTok yang berfokus pada lima variabel, yaitu keahlian (expertise), kepercayaan (trustworthiness), daya tarik (attractiveness), informatif (informativeness), dan nilai hiburan (entertainment value). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring melalui Google Forms dengan mengumpulkan data dari 240 responden menggunakan teknik non-probability dengan purposive sampling. Adapun kriteria responden adalah Generasi Z (usia 18-25 tahun) di Indonesia, pengguna TikTok harian dengan minimal 5 hari penggunaan dalam seminggu, dan pernah menonton konten edukasi di TikTok. Data dianalisis menggunakan metode Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel yaitu keahlian, kepercayaan, daya tarik, informatif, dan nilai hiburan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan Gen Z dalam konten edukasi di TikTok. Temuan ini memberikan wawasan praktis bagi para kreator konten dalam membuat konten edukatif yang lebih menarik dan efektif sesuai dengan preferensi serta kebiasaan konsumsi digital Gen Z.
Perpustakaan Digital ITB