digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

PT XYZ, startup solusi perangkat lunak dan digital, menghadapi tantangan signifikan dalam pengelolaan dokumentasi proyek TI. Masalah utamanya meliputi dokumentasi yang tidak terstruktur, tersebar, inkonsisten, serta kesulitan dalam menangkap dan mentransfer pengetahuan explicit dan tacit. Meskipun SharePoint telah digunakan, duplikasi dan penyimpanan pribadi menunjukkan solusi yang ada belum optimal. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penelitian mengusulkan perancangan dan pembangunan prototipe Knowledge Management System (KMS). Metodologi perancangan dilakukan secara sistematis, meliputi analisis infrastruktur eksisting, penyelarasan dengan strategi bisnis, audit aset pengetahuan, hingga perancangan blueprint sistem. Pemilihan solusi KMS berbasis web secara internal ditentukan melalui analisis menggunakan metode TOPSIS, yang mengidentifikasi alternatif ini sebagai yang paling sesuai dengan kebutuhan PT XYZ. Rancangan diwujudkan dalam prototipe interaktif yang dievaluasi pengguna akhir melalui Single Ease Question (SEQ) dan Net Promoter Score (NPS) yang dimodifikasi. Hasil evaluasi menunjukkan validasi kuantitatif dengan tingkat keberhasilan penyelesaian tugas (success rate) mencapai 99,01%, rata-rata skor kemudahan penggunaan (SEQ) sebesar 6,58 dari 7, dan skor persepsi dampak (NPS) sebesar 8,28 dari 10. Penelitian ini menyimpulkan bahwa prototipe KMS yang dirancang berhasil menyediakan solusi yang efektif dan terpusat, mampu mengatasi masalah dokumentasi, dan terbukti memiliki potensi tinggi untuk diadopsi serta meningkatkan kapabilitas manajemen pengetahuan di PT XYZ.