COVER PUTRA IQBAL DINAEL BARASA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 PUTRA IQBAL DINAEL BARASA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 PUTRA IQBAL DINAEL BARASA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 PUTRA IQBAL DINAEL BARASA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 PUTRA IQBAL DINAEL BARASA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 PUTRA IQBAL DINAEL BARASA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB6 PUTRA IQBAL DINAEL BARASA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA PUTRA IQBAL DINAEL BARASA
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT X merupakan perusahaan yang bergerak di industri makanan dan minuman dengan model
bisnis kemitraan. Data mitra perusahaan menunjukkan penjualan yang stagnan pada periode
Januari-Juni 2022. Permasalahan ini diselesaikan dengan menilai maturitas manajemen
pengetahuan pada sistem pengelolaan pelanggan berdasarkan tahap pertumbuhan organisasi
PT X.
Penyelesaian permasalahan akan dimulai dengan pengumpuluan dan pengolahan data berupa:
tahap pertumbuhan organisasi perusahaan menggunakan ASTRO ITB, wawancara mendalam
kepada CEO dan manager perusahaan, tinjauan dokumen, dan analisis tematik; identifikasi
dan evaluasi maturitas proses pengelolaan pelanggan dengan acuan model Lambert dan
BPMM menggunakan wawancara mendalam kepada manager perusahaan dan analisis
tematik; dan penilaian maturitas manajemen pengetahuan pada sistem pengelolaan pelanggan
dengan acuan model APO menggunakan wawancara mendalam kepada manager perusahaan
dan tinjauan dokumen. Triangulasi data kemudian dilakukan untuk validasi hasil pengolahan
data.
Berdasarkan pengumpulan dan pengolahan data, perusahaan berada pada tahap pertumbuhan
organisasi ekspansi. Perusahaan melakukan 11 dari 12 proses bisnis pengelolaan pelanggan
dengan nilai maturitas terendah pada proses identifikasi kriteria segmentasi pelanggan dan
segmentasi pelanggan. Nilai maturitas manajemen pengetahuan pada sistem pengelolaan
pelanggan menunjukkan perusahaan berada pada tingkat ekspansi, dengan nilai terendah pada
kategori learning and innovation serta knowledge processes. Rancangan usulan perbaikan
berupa sistem manajemen pengetahuan pada kedua proses dengan nilai maturitas terendah
menjadi tindak lanjut dari penelitian ini. Sistem ini dapat membantu pembuatan best practice
serta membentuk dasar apresiasi dari ide dan kontribusi pegawai yang terkait dengan proses
bisnis tersebut.
Perpustakaan Digital ITB