digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Joko
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Joko
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Joko
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Joko
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Joko
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Joko
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Bank Bakti Karya Purna adalah bank komersial yang melayani berbagai segmen nasabah. Bank ini telah secara berkesinambungan meningkatkan layanan dan jaringan melalui peningkatan pada berbagai segmen bisnis termasuk digital banking di Indonesia. Seiring dengan perkembangannya, tingkat kompleksitas yang semakin tinggi menuntut lini operasional bank untuk meningkatkan diri dalam hal kapabilitas, adaptabilitas dan keunggulan operasional. Sebagai unit yang bertanggung jawab atas pengendalian internal lini operasional, divisi Operations Quality Assurance (Ops QA) dituntut pula untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya guna meningkatkan kontribusi dalam membimbing lini operasional selain menjaga aspek pengendalian. Manajemen bank memiliki visi untuk Ops QA meningkatkan diri dalam 2 (dua) aspek, sebagai Guardian dan Preventive Control Agent. Sebagai Guardian, Ops QA diharapkan untuk dapat memberikan bantuan, advis dan konsultasi guna meningkatkan seluruh lini operasional. Sebagai Preventive Control Agent, Ops QA diharapkan untuk menyediakan informasi dan pengetahuan atas perubahan fundamental yang dibutuhkan untuk meningkatkan pengendalian melalui tindakan pencegahan. Guna mencapai visinya, Ops QA harus meningkatkan diri and berinovasi. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam kapabilitas dan pengetahuan dalam Ops QA dan dilanjutkan dengan merancang usulan pendekatan untuk mencapai inovasi tersebut dengan menggunakan kerangka kerja manajemen pengetahuan yaitu manusia, proses dan teknologi.