digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Alif Iman Aulia
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhammad Alif Iman Aulia
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhammad Alif Iman Aulia
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhammad Alif Iman Aulia
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhammad Alif Iman Aulia
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Muhammad Alif Iman Aulia
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhammad Alif Iman Aulia
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Perdagangan eceran memegang peranan penting baik dalam konteks global maupun di Indonesia sendiri karena mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan membentuk perilaku konsumen. Memahami pentingnya pertumbuhan industri, dinamika persaingan dan manajemen pengetahuan sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja bisnis dan mencapai kesuksesan yang berkelanjutan. Minimarket O Mart merupakan salah satu retail kecil berupa minimarket yang ada di Indonesia, minimarket O Mart memiliki permasalahan dalam usahanya yaitu bisnis yang tidak efisien karena O Mart masih dalam standar operasional prosedurnya, karena masih belum adanya dokumentasi SOP yang baik, selain itu bahwa kegiatan knowledge sharing di dalam perusahaan juga hanya sebatas chatting dan belum dilakukan secara formal di dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan sistem manajemen pengetahuan yang dapat meningkatkan proses bisnis di O Mart dan mengembangkan rencana implementasi untuk sistem manajemen pengetahuan yang disarankan, menguraikan langkah-langkah dan strategi yang diperlukan untuk keberhasilan integrasi di O Mart. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan suatu sistem dengan pendekatan knowledge management yang dapat meningkatkan proses bisnis di O Mart dan mengembangkan rencana implementasi dengan pendekatan knowledge management system. Teori-teori yang mendukung penelitian ini adalah Definisi Pengetahuan DIKW, Analisis Tulang Ikan, Kerangka Manajemen Pengetahuan, Kerangka PPT, Roadmap KM, dan Rencana Implementasi. Metodologi penelitian didasarkan pada desain penelitian kualitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara dengan karyawan dari berbagai departemen Perusahaan Ritel O Mart. Penelitian ini menggunakan framework knowledge management (People, Process, Technology) dan model SECI yang kemudian akan menghasilkan Roadmap Knowledge Management dan juga rencana implementasi Knowledge management yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan proses bisnis yang tidak efisien pada minimarket O Mart.