COVER Habibi Mushar
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Habibi Mushar
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Habibi Mushar
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Habibi Mushar
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Habibi Mushar
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Habibi Mushar
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Habibi Mushar
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Habibi Mushar
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Kereta cepat menuntut presisi tinggi dalam perakitan tetapi desain awal PT XYZ belum memuat informasi yang lengkap sehingga perakitan driver cabin berpotensi mengalami penyimpangan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi perakitan driver cabin berdasarkan informasi pada gambar teknik, mengevaluasi kemampuan jig dan fixture dalam proses perakitan, serta merekomendasikan teknologi pengukuran yang sesuai. Metodologi meliputi analisis geometrik berbasis gambar teknik dan model 3D, penetapan titik datum, serta evaluasi jig dan fixture terhadap posisi dan orientasi selama perakitan.
Hasil analisis menunjukkan gambar teknik driver cabin belum sepenuhnya memuat informasi geometrik yang dibutuhkan, seperti peletakan datum. Kemudian, belum adanya rancangan jig dan fixture untuk perakitan driver cabin membuat pendekatan “mengikuti kontur” tidak mampu menjamin keterulangan dan ketepatan perakitan. Dampaknya, kesimetrisan antarsisi dapat tidak terpenuhi dan kesesuaian titik kontak/datum target memerlukan penyesuaian berulang. Selain itu, mengingat skala struktur yang besar dan kebutuhan akurasi orde milimeter di lokasi, teknologi metrologi volume besar, seperti laser tracker, lengan CMM portabel, dan pemindai 3D, direkomendasikan untuk digunakan sehingga dapat menjamin kesesuaian geometrik selama perakitan.
Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan jig dan fixture pada driver cabin serta penerapan metrologi volume besar untuk memastikan akurasi pengukuran sehingga meningkatkan presisi perakitan dan memperkuat kemandirian manufaktur kereta cepat nasional.
Perpustakaan Digital ITB