
Abstrak
Terbatas Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Pasar tradisional di Indonesia, meskipun memiliki peran penting secara
ekonomi dan sosial budaya, menghadapi tantangan signifikan termasuk persaingan
ketat dari ritel modern, infrastruktur yang tua, dan persepsi publik sebagai lingkungan
yang tidak nyaman, yang menyebabkan penurunan jumlah pengunjung. Meskipun
pemerintah telah menerapkan standar nasional (SNI 8152:2021) untuk revitalisasi
pasar, sering kali terdapat kesenjangan antara peraturan yang bersifat top-down
dengan preferensi konsumen yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk
menjembatani kesenjangan tersebut dengan merumuskan strategi pengembangan yang
didasarkan pada umpan balik langsung dari konsumen.
Penelitian ini mengikuti kerangka cross-industry standard process for data
mining (CRISP-DM). Data dikumpulkan dengan melakukan scraping terhadap
1.185.944 ulasan daring untuk 193 pasar tradisional di Indonesia. Setelah melalui pra-
pemrosesan dengan dataset akhir sebanyak 107.052 ulasan tekstual yang relevan,
metode latent dirichlet allocation (LDA) digunakan untuk mengidentifikasi 16 dimensi
kepuasan pelanggan (CSD) utama. Selanjutnya, model IndoBERT digunakan untuk
melakukan analisis sentimen untuk menentukan polaritas sentimen untuk setiap CSD
dalam setiap ulasan. Sebuah model ensemble neural network (ENNM) digunakan untuk
mengukur dampak asimetris dari setiap CSD terhadap kepuasan pelanggan (rating).
Terakhir, asymmetric impact-sentiment-performance analysis (AISPA) dilakukan
untuk mengklasifikasikan CSD dan k-means clustering digunakan untuk segmentasi
pasar, yang dilanjutkan dengan regresi linear berganda untuk identifikasi faktor
kepuasan utama setiap klaster.
Analisis ini mengidentifikasi 16 CSD, yang dikategorikan menjadi atribut basic,
atribut performance, dan atribut excitement. Pasar-pasar dikelompokkan ke dalam
empat klaster: “The Curated Destinations”, “The Dependable Neighborhood Hubs”,
“The Wholesale Powerhouses”, dan “The Underperformers”. Studi ini mengusulkan
strategi yang disesuaikan untuk setiap CSD berdasarkan tiap tipe pasar dalam SNI
8152:2021, dan juga strategi untuk setiap klaster pasar, dengan menggunakan contoh
nyata sebagai panduan praktis untuk perbaikan operasional.