digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

pertumbuhan dunia e-commerce. Dengan banyaknya pilihan merek layanan kurir yang tersedia dalam e-commerce, perusahaan jasa kurir harus bersaing untuk mendapatkan konsumen. Di sisi lain, banyak penelitian yang mengkonfirmasi bahwa persepsi telah terbukti mempengaruhi niat pembelian konsumen. Karena itu, penting bagi perusahaan jasa kurir untuk mengetahui apa yang dirasakan konsumen tentang mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pembeli online terhadap lima perusahaan jasa kurir melalui dua belas atribut yang diukur dan untuk mengetahui peta persepsi dengan menggunakan Nonmetric Multidimensional Scaling (MDS). Kuesioner dibagikan kepada 1000 responden dimana responden diminta untuk membuat peringkat atribut yang diukur dalam skala Likert dari 1 sampai 6. Analisis ini memiliki nilai Stres 0,07261, nilai RSQ 0,97, dan nilai Cronbach's Alpha 0,94. Peta tersebut menghasilkan koordinat perusahaan yang diamati dalam peta persepsi menurut persepsi pembeli online: A (2.2072, 0.97); B (-1.8653, 0.499); C (-2.147, 0.2403); D (1.1379, 0.9907); E (-0.7003, 0,5271). Keunggulan masing-masing perusahaan menurut persepsi pembeli online yang digambarkan dalam dimensi peta persepsi adalah: B, C, dan E dianggap baik dalam Keamanan, Harga Layanan, dan Profesionalisme Petugas Kurir sedangkan D dan A dianggap baik dalam Layanan Pelanggan, Diskon dan / Voucher, dan Iklan Offline. Mengingat bahwa delapan dari dua belas atribut terbaik adalah untuk E, oleh karena itu, menurut persepsi pembeli online, E adalah perusahaan jasa kurir terbaik di antara para pesaingnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu merek jasa kurir untuk memahami posisi mereka di antara para pesaing dan mengevaluasi strategi mereka.