pertumbuhan dunia e-commerce. Dengan banyaknya pilihan merek layanan kurir yang tersedia
dalam e-commerce, perusahaan jasa kurir harus bersaing untuk mendapatkan konsumen. Di sisi
lain, banyak penelitian yang mengkonfirmasi bahwa persepsi telah terbukti mempengaruhi niat
pembelian konsumen. Karena itu, penting bagi perusahaan jasa kurir untuk mengetahui apa yang
dirasakan konsumen tentang mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi
pembeli online terhadap lima perusahaan jasa kurir melalui dua belas atribut yang diukur dan untuk
mengetahui peta persepsi dengan menggunakan Nonmetric Multidimensional Scaling (MDS).
Kuesioner dibagikan kepada 1000 responden dimana responden diminta untuk membuat peringkat
atribut yang diukur dalam skala Likert dari 1 sampai 6. Analisis ini memiliki nilai Stres 0,07261,
nilai RSQ 0,97, dan nilai Cronbach's Alpha 0,94. Peta tersebut menghasilkan koordinat perusahaan
yang diamati dalam peta persepsi menurut persepsi pembeli online: A (2.2072, 0.97); B (-1.8653,
0.499); C (-2.147, 0.2403); D (1.1379, 0.9907); E (-0.7003, 0,5271). Keunggulan masing-masing
perusahaan menurut persepsi pembeli online yang digambarkan dalam dimensi peta persepsi
adalah: B, C, dan E dianggap baik dalam Keamanan, Harga Layanan, dan Profesionalisme Petugas
Kurir sedangkan D dan A dianggap baik dalam Layanan Pelanggan, Diskon dan / Voucher, dan
Iklan Offline. Mengingat bahwa delapan dari dua belas atribut terbaik adalah untuk E, oleh karena
itu, menurut persepsi pembeli online, E adalah perusahaan jasa kurir terbaik di antara para
pesaingnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu merek jasa kurir untuk memahami
posisi mereka di antara para pesaing dan mengevaluasi strategi mereka.
Perpustakaan Digital ITB