digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK_Gita Farah Adristi
Terbatas  Perpustakaan Prodi Arsitektur
» Gedung UPT Perpustakaan

Meskipun perkembangan teknologi dan e-commerce semakin pesat, pusat perbelanjaan tetap menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat, terutama generasi muda. Mal tidak hanya berfungsi sebagai tempat berbelanja, tetapi juga sebagai pusat hiburan, rekreasi, dan interaksi sosial. Dominasi generasi muda, khususnya Generasi Z, merupakan faktor penting dalam kunjungan ke pusat perbelanjaan. Karakteristik Gen Z yang cenderung mencari pengalaman unik dan interaktif mempengaruhi preferensi mereka dalam belanja. Tujuan utama proyek ini adalah untuk merancang pusat perbelanjaan yang dapat memenuhi kebutuhan generasi muda dengan menyediakan pengalaman sosial dan interaksi yang lebih menarik. Saat ini, banyak mal menghadapi tantangan untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen setelah pandemi dan preferensi generasi muda saat ini, di mana pengalaman sosial dan interaksi lebih diutamakan dibandingkan sekadar berbelanja. Muncul gagasan untuk menggabungkan konsep lifestyle center dengan creative hub, sehingga menciptakan ruang publik yang tidak hanya sebagai tempat pertemuan, tetapi juga sebagai wadah inovasi dan ekspresi kreatif.