Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan papan bernama Aseanture sebagai alat bantu belajar matematika untuk siswa kelas 6 SD dengan materi utama penghitungan pecahan dan turunanya, serta KPK dan FPB. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia, yang tercermin dari skor PISA 2022. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Media pembelajaran Aseanture menggabungkan unsur matematika dan pengetahuan budaya ASEAN dalam bentuk permainan papan interaktif yang terinspirasi dari permainan Ticket to Ride. Permainan papan ini telah divalidasi oleh guru kelas 6 SD, ahli permainan, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi tersebut menunjukan permainan papan ini masuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukan permainan papan ini memiliki efektivitas dengan kategori sangat baik. Selain itu, terlihat peningkatan nilai pada siswa setelah menggunakan permainan papan edukasi ini. Oleh karena itu, permainan papan ini layak digunakan.
Perpustakaan Digital ITB