digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK - Ahmad Fahmi
PUBLIC Open In Flipbook Alice Diniarti

Penelitian ini mengkaji pengaruh kecepatan konstruksi dan variasi ketebalan lapisan terhadap stabilitas lereng di atas tanah lunak, khususnya di STA 112+900 proyek Jalan Tol Indrapura– Kisaran. Lokasi konstruksi didominasi oleh tanah lunak dengan kadar air tinggi, yang menyebabkan lereng longsor selama pembebanan awal. Dengan menggunakan pemodelan elemen hingga 2D Plaxis, serangkaian analisis parametrik dilakukan untuk menilai pengaruh kecepatan timbunan, durasi konsolidasi, dan tinggi timbunan terhadap faktor kemanan, penurunan, pergerakan lateral, dan tekanan air pori ekses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan ketebalan timbunan tanpa waktu konsolidasi yang memadai secara signifikan mengurangi faktor keamanan, terutama pada tingkat timbunan yang lebih tinggi. Dalam penelitian ini konstruksi bertahap pada tanah lunak dalam pembangunan infrastruktur jalan tol sangat berpengaruh terhadap stabilitas rencana yang diharapkan. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk strategi pelaksanaan pada kondisi geoteknik yang serupa guna mengurangi keterlambatan dan menghindari kegagalan struktural konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi konstruksi pada tanah lunak.