

BAB 1 Tegar Abyan Zufar
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Tegar Abyan Zufar
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Tegar Abyan Zufar
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Tegar Abyan Zufar
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Tegar Abyan Zufar
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Tegar Abyan Zufar
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem penentuan tujuan dumping point bagi
truk tronton dan trintin di Pelabuhan PT XYZ dengan memanfaatkan pendekatan Discrete
Event Modelling (DEM). Latar belakang penelitian ini didasari oleh tingginya volume truk
yang masuk ke pelabuhan pada aktivitas pengangkutan batubara, sehingga sistem penentuan
tujuan dumping point manual yang dilakukan oleh spotter dinilai kurang optimal karena hanya
mempertimbangkan jumlah antrean dan ketersediaan dumping point. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah sistem penentuan tujuan dumping point otomatis
yang memanfaatikan Internet of Things (IoT) dan diperlukan algoritma yang dapat menentukan
dumping point optimal dengan mengintegrasikan variabel-variabel seperti waktu perjalanan,
waktu dumping, dan kondisi operasional dumping point. Metode penelitian melibatkan
perancangan DEM untuk mensimulasikan aktivitas operasional pelabuhan. Simulasi dilakukan
pada dua kondisi sistem, yaitu saat antrean keseluruhan tersaturasi (tingkat kedatangan truk
lebih besar dari tingkat pelayanan dumping point) dan tidak tersaturasi (tingkat kedatangan truk
lebih kecil dari tingkat pelayanan dumping point). Hasil pengujian menunjukkan bahwa
algoritma yang telah dibuat mampu meningkatkan produksi batubara per jam sebesar 2% pada
kondisi sistem tersaturasi, serta memfokuskan faktor utilisasi ke dumping point dengan
produktivitas tinggi pada kondisi sistem tidak tersaturasi. Penelitian ini diharapkan dapat
menyediakan algoritma penentuan dumping point yang optimal dan dapat digunakan pada
sistem penentuan tujuan dumping point otomatis PT XYZ.