digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini menyelidiki bagaimana pembingkaian pesan—ekonomi versus lingkungan—dan jenis influencer—mikro versus makro—mempengaruhi niat pembelian kendaraan listrik di berbagai pasar internasional. Kesadaran lingkungan dipertimbangkan sebagai variabel moderasi. Berlandaskan Teori Perilaku Terencana, desain faktorial 2x2 ini melibatkan 267 partisipan untuk membahas pengaruh budaya dan psikologis terhadap perilaku konsumen berkelanjutan. Temuan ini menunjukkan bahwa tidak ada efek langsung dari pembingkaian pesan atau jenis influencer terhadap niat pembelian, namun terdapat bukti yang sangat kuat mengenai peran kesadaran lingkungan dalam budaya kolektivis, di mana pembingkaian pesan menjadi lebih efektif dalam menyampaikan informasi lingkungan. Hasil ini menunjukkan kompleksitas dalam proses adopsi kendaraan listrik dan mengisyaratkan perlunya pendekatan pemasaran yang sensitif terhadap budaya jika ingin mempercepat penyebaran kendaraan listrik secara global.