2025 SK PP Dewa Putu Parameswara Ananda Chrisna [19022234] - Abstract
PUBLIC Open In Flipbook Abdul Aziz Ariarasa
Studi ini menyelidiki dampak strategi psikologis, tata letak toko, dan program loyalitas terhadap perilaku konsumen di pasar ritel Indonesia, dengan fokus pada toko serba ada seperti Indomaret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi harga psikologis, seperti harga pesona (misalnya, IDR 9.900 dibandingkan dengan IDR 10.000), secara signifikan mempengaruhi persepsi nilai konsumen dan meningkatkan penjualan. Selain itu, desain toko terbukti memiliki peran penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen, dengan faktor seperti penempatan produk dan papan petunjuk yang memfasilitasi pembelian impulsif. Program loyalitas berbasis penghargaan transaksi juga membantu bisnis berulang dan retensi pelanggan, meskipun penelitian menunjukkan bahwa sensitivitas harga di Indonesia perlu melengkapi program loyalitas berbasis penghargaan agar berhasil. Temuan ini menekankan bahwa meskipun harga psikologis tetap penting dalam lingkungan ritel yang kompetitif, hal tersebut perlu beradaptasi dengan perkembangan digital. Tata letak toko harus mengutamakan tanda yang jelas dan penempatan produk yang strategis untuk meningkatkan pengalaman konsumen, sementara program loyalitas harus berfokus pada personalisasi dan integrasi online-offline yang mulus.
Perpustakaan Digital ITB