digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dhiva Mahardhika Herdiawan [19021106]
Terbatas  Abdul Aziz Ariarasa
» Gedung UPT Perpustakaan

Penelitian ini difokuskan pada bagaimana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) memengaruhi kinerja keuangan lima perusahaan teratas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada kuartal pertama tahun 2024 berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Dengan menggunakan analisis kuantitatif melalui analisis common-size, studi ini mengevaluasi CSR sebagai alat strategis untuk mengatasi tantangan lingkungan dan sosial sekaligus meningkatkan efisiensi operasional dan profitabilitas. CSR diposisikan tidak hanya sebagai alat untuk etika perusahaan tetapi juga sebagai model bisnis yang menawarkan manfaat finansial dan operasional yang terukur. Studi ini melacak evolusi praktik CSR di antara perusahaan-perusahaan ini, mengeksplorasi aktivitas mereka sebelum dan sesudah implementasi dan efek terukur pada indikator keuangan utama, termasuk laba bersih dan pertumbuhan pendapatan. Temuan tersebut menunjukkan hubungan positif antara inisiatif CSR dan peningkatan kinerja keuangan, dibuktikan dengan peningkatan profitabilitas dan efisiensi operasional. Perusahaan yang mengintegrasikan CSR lebih dalam ke dalam tujuan strategis mereka mendapatkan keuntungan dari peningkatan reputasi merek, loyalitas pelanggan, dan peluang untuk inovasi. Hasil ini menekankan sifat CSR sebagai komponen yang etis dan penting dalam mendorong daya saing perusahaan dan pertumbuhan berkelanjutan. Penelitian ini diakhiri dengan rekomendasi praktis bagi perusahaan- perusahaan Indonesia untuk menyelaraskan kegiatan CSR dengan tujuan finansial dan strategis mereka secara efektif. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya dapat meraih keberhasilan finansial tetapi juga berkontribusi terhadap kemajuan sosial dan lingkungan yang lebih luas, sehingga meningkatkan pentingnya CSR dalam praktik bisnis.