






PUSTAKA Saarah Yurva Salsabila
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan
Dalam 6 bulan strategi digital marketing telah diterapkan, dan sudah ada 330 calon pelanggan yang dihubungi, namun hanya ada 3 pelanggan yang telah melakukan deal hingga kesepakatan untuk berkolaborasi dengan PT. Adi Pradana Internasional dan ada 4 pelanggan dalam tahap pertemuan online melalui zoom dengan PT. Adi Pradana Internasional. Tujuan dari tesis ini adalah untuk menemukan faktor-faktor eksternal yang berdampak besar pada efektivitas dan optimalisasi pendekatan digital marketing, untuk menemukan fitur utama dan keterbatasan dari strategi pemasaran digital PT. Adi Pradana Internasional saat ini dan untuk menemukan pendekatan optimalisasi pemasaran digital yang dapat diterapkan oleh PT. Adi Pradana Internasional untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi pemasaran digital. Tesis ini menggunakan kerangka kerja di mana persaingan pasar, kemampuan media sosial, analitik media sosial dan pemasaran konten berkontribusi dalam optimalisasi pemasaran digital. Untuk optimalisasi strategi terdapat beberapa metode analisis eksternal dan internal yang telah digunakan yaitu PESTLE, Porter's Five Forces, Competitor Analysis, Consumer analysis, Value chain analysis, STP analysis dan VRIO analysis. Penggunaan analisis SWOT adalah untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang ancaman dari setiap analisis eksternal dan internal yang dilakukan. Untuk perumusan strategi, pengembangan dari analisis SWOT dilakukan dengan menggunakan matriks TOWS. Ada beberapa strategi yang perlu diterapkan oleh PT. Adi Pradana Internasional seperti pembuatan KPI untuk konten digital marketing, monitoring KPI, meningkatkan konten media sosial dan memilih pemimpin tim pemasaran.