






PUSTAKA Tio Geraldo Hutabarat
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan
Studi ini meneliti tantangan dan peluang yang dihadapi PT Bank Atom24 Indonesia platform perbankan digital yang baru-baru ini diperkenalkan di pasar yang sangat kompetitif. Meskipun menawarkan suku bunga tabungan dan deposito yang menarik dan berimbal hasil tinggi di samping aplikasi seluler yang mudah digunakan dan fleksibel, Atom24 terus berjuang dengan kesadaran merek yang rendah dan basis pelanggan yang terbatas dibandingkan dengan pesaing yang mapan. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini mengintegrasikan data survei kuantitatif dari 206 nasabah bank dengan wawancara kualitatif mendalam yang dilakukan dengan manajemen dan pengguna aktif. Dengan menerapkan kerangka kerja strategis termasuk SWOT, VRIO, STP, dan matriks TOWS. Analisis ini memberikan penilaian komprehensif terhadap sumber daya internal Atom24, posisi pasar, dan lanskap persaingan eksternal. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa meskipun kekuatan Atom24 terletak pada penawaran produk yang kompetitif dan platform digital yang gesit, ketergantungannya yang berlebihan pada taktik promosi organik digital saja telah menghambat penetrasi pasarnya. Untuk mengatasi masalah ini, studi ini mengusulkan strategi pemasaran multisaluran yang memadukan aktivasi media sosial, kemitraan dengan influencer, dan promosi offline untuk meningkatkan kesadaran merek dan mempercepat akuisisi pelanggan. Peta jalan strategis yang direkomendasikan menekankan pada proposisi nilai Atom24 suku bunga yang tinggi, kemudahan penggunaan, dan fitur-fitur inovatif untuk secara efektif menarik dan melibatkan populasi yang tidak memiliki rekening bank dan Generasi Milenial serta Generasi Z yang paham teknologi digital, yang pada akhirnya mendukung target pertumbuhan bank dalam industri perbankan digital yang berkembang pesat.