digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Paxel Algorita Unggul (PAXEL) merupakan salah satu perusahaan logistik berbasis teknologi yang memiliki komitmen menjadi perusahaan logistik terbaik dengan tagline “paketmu sehari sampai”. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, perusahaan harus selalu menyesuaikan diri dan memiliki kredibilitas yang baik terhadap customer. Saat ini Divisi Operasional Paxel Home Bandung sedang memiliki permasalahan dalam kinerja perusahaan yang dirasa cukup baik namun belum maksimal. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, nilai persentase dari service level agreement yang diperoleh belum maksimal. Setelah dilakukan peninjauan, diketahui akar masalah yang terjadi diakibatkan kurang oleh sesuai dan belum lengkapnya ukuran kinerja eksisting dengan kondisi aktual di lapangan. Hasil temuan masalah di Divisi Operasional Paxel Home Bandung menyimpulkan bahwa perusahaan membutuhkan ukuran kinerja yang baru untuk diimplementasikan. Perancangan ukuran kinerja untuk Divisi Operasional Paxel Home Bandung menggunakan dua metode ukuran kinerja, The Winning KPI dan Objectives Key Results (OKR). Pada dasarnya metode The Winning KPI yang digunakan terdapat langkah tambahan berupa proses bisnis dan responsibility assignment matrix yang diintegrasikan dengan metode OKR. Perancangan The Winning KPI diawali dengan memetakan Critical Success Factor (CSF) terhadap setiap proses bisnis lalu menurunkan CSF menjadi 4 jenis ukuran kinerja, Key Results Indicator (KRI), Results Indicator (RI), Performance Indicator (PI), dan Key Performance Indicator (KPI). Setelah ukuran kinerja metode The Winning KPI disusun dan divalidasi, dirancang OKR Divisi Operasional Paxel Home Bandung. Proses perancangan melalui wawancara, mengambil data target historis, dan data target realisasi dari KPI serta dilakukan validasi dengan face validity test kepada para stakeholder terkait. Hasil penilitian ini memiliki output utama berupa 10 CSF, 4 ukuran kinerja dengan metode The Winning KPI yang terdiri dari 21 KRI, 21 RI, 21 PI, 21 KPI, dan ukuran kinerja OKR yang terdiri 7 key results yang terbagi ke 3 objectives. Hasil tersebut diharapkan dapat menjadi dasar bagi Divisi Operasional Paxel Home Bandung dalam mengimplementasikan ukuran kinerja baru yang dapat meningkatkan hasil kinerja dari setiap staff.