digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

SHKKeva adalah perusahaan multinasional yang bergerak di industri fragrance dan flavour. Saat ini SHKKeva akan mendirikan pabrik baru di Indonesia dan menghadapi permasalahan berupa tidak adanya sistem pengukuran kinerja yang sesuai untuk operasional di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang indikator kinerja dan sistem pendukung keputusan berupa dashboard pemantauan kinerja proses operations di pabrik baru SHKKeva Indonesia. Penelitian ini terdiri dari dua bagian, yaitu perancangan indikator kinerja dan perancangan dashboard pemantauan. Bagian pertama, perancangan indikator kinerja, dimulai dengan identifikasi tujuan strategis SHKKeva Indonesia melalui wawancara dengan stakeholder dan analisis dokumen perusahaan. Tujuan strategis ini kemudian diturunkan menjadi Critical Success Factors (CSF) dan diidentifikasi melalui wawancara serta pemetaan hubungan dengan rancangan proses bisnis. Dari CSF tersebut, dilakukan perancangan indikator kinerja dengan melakukan pencarian berdasarkan literatur dan pemetaan hubungan dengan CSF. Setelah itu, dilakukan evaluasi relevansi indikator kinerja dengan CSF dan mengategorikan indikator berdasarkan hubungannya dengan CSF. Bagian kedua penelitian, perancangan dashboard pemantauan, dilakukan dengan menggunakan metodologi Pureshare yang terdiri dari beberapa tahap: identifikasi kebutuhan pengguna, analisis sistem dan data, lalu dibatasi sampai perancangan prototipe dashboard sesuai dengan kebutuhan pengguna serta sistem dan data yang telah dianalisis. Hasil dari penelitian ini adalah 20 indikator kinerja berdasarkan perspektif Safety & Environment, Quality, Delivery, Cost, dan Morale & Capability serta dashboard pemantauan kinerja yang diharapkan dapat membantu manajemen SHKKeva Indonesia dalam memastikan pemahaman yang sama terkait indikator kinerja di seluruh pabrik, membangun landasan untuk perbaikan berkelanjutan, dan mematuhi aturan perusahaan induk serta pemerintah setempat.