Jasmine Amelia Putri Andreani [17520036]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Proses pembelajaran merupakan elemen penting dalam pengembangan potensi
seorang anak, termasuk anak dengan kebutuhan khusus seperti diskalkulia. Diskalkulia
merupakan bagian dari kesulitan belajar spesifik atau Specific Learning Disorder
(SpLD) yang memengaruhi kemampuan memahami konsep matematika, seperti
berhitung, mengenali angka, dan menyelesaikan masalah matematis. Salah satu
kesulitan utama yang dialami anak dengan diskalkulia adalah dalam memahami konsep
waktu, seperti penghitungan menit, jam, serta pengenalan pola waktu khususnya pada
jam analog. Ketidakmampuan memahami waktu ini dapat mengganggu kemampuan
anak dalam melakukan manajemen waktu, menentukan skala prioritas atau menyusun
jadwal sehari-hari. Penggunaan jam digital yang biasanya dijadikan sebagai solusi
sementara, pada dasarnya tidak memberikan pemahaman mendalam terhadap konsep
waktu, sehingga anak kesulitan bahkan takut apabila harus melakukan pengelolaan
waktu secara mandiri. Karena hal ini, cenderung sulit bagi mereka untuk menjalani
hidup yang teratur dan produktif, yang dapat menurunkan kepercayaan diri serta
memengaruhi hubungan sosial dan profesional saat sudah dewasa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang fokus pada penguasaan
konsep waktu melalui pendekatan media pembelajaran multisensori. Pendekatan ini
diharapkan mampu meningkatkan kemampuan anak dengan diskalkulia dalam
memahami waktu, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dan mampu beradaptasi di
masa yang akan mendatang.
Perpustakaan Digital ITB