digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jasmine Amelia Putri Andreani [17520036]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Proses pembelajaran merupakan elemen penting dalam pengembangan potensi seorang anak, termasuk anak dengan kebutuhan khusus seperti diskalkulia. Diskalkulia merupakan bagian dari kesulitan belajar spesifik atau Specific Learning Disorder (SpLD) yang memengaruhi kemampuan memahami konsep matematika, seperti berhitung, mengenali angka, dan menyelesaikan masalah matematis. Salah satu kesulitan utama yang dialami anak dengan diskalkulia adalah dalam memahami konsep waktu, seperti penghitungan menit, jam, serta pengenalan pola waktu khususnya pada jam analog. Ketidakmampuan memahami waktu ini dapat mengganggu kemampuan anak dalam melakukan manajemen waktu, menentukan skala prioritas atau menyusun jadwal sehari-hari. Penggunaan jam digital yang biasanya dijadikan sebagai solusi sementara, pada dasarnya tidak memberikan pemahaman mendalam terhadap konsep waktu, sehingga anak kesulitan bahkan takut apabila harus melakukan pengelolaan waktu secara mandiri. Karena hal ini, cenderung sulit bagi mereka untuk menjalani hidup yang teratur dan produktif, yang dapat menurunkan kepercayaan diri serta memengaruhi hubungan sosial dan profesional saat sudah dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang fokus pada penguasaan konsep waktu melalui pendekatan media pembelajaran multisensori. Pendekatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan anak dengan diskalkulia dalam memahami waktu, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dan mampu beradaptasi di masa yang akan mendatang.