







DAFTAR PUSTAKA RAMIZ ANSHARIL HAQ
EMBARGO  2028-01-31 
EMBARGO  2028-01-31 
Jenis wadah memasarkan produk pariwisata dapat melalui berbagai model, salah satunya bisa dengan pameran pariwisata. Persepsi wisatawan pada produk pariwisata yang dipromosikan pada pameran pariwisata kerap kali menjadi batu sandungan yang menimbulkan ketidaksesuaian dengan minat pasar. Hal tersebut disebabkan perubahan karakteristik wisatawan, baik dari perkembangan promosi suatu daerah ataupun negara benchmark. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesesuaian produk dan minat produk pariwisata Indonesia yang ditawarkan pada salah satu kegiatan pariwisata terbesar di Benua Amerika; New York Travel and Adventure Show 2024.
Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui observasi lapangan dan interview melalui google form kepada sejumlah pengunjung booth Wonderful Indonesia di pameran pariwisata internasional New York Travel Show 2024 selama dua hari pada tanggal 27 sampai
28 Januari 2024 dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak seratus dua responden. Pertanyaan mengulik pengalaman pengunjung booth Wonderful Indonesia yang dibagi menjadi karakteristik responden (asal negara, maksud melakukan perjalanan, sumber informasi yang menjadi rujukan melakukan perjalanan, dan segmentasi wisata favorit) dan persepsi 7P.
Hasil penelitian menunjukkan responden didominasi oleh kewarganegaraan Amerika Serikat, yakni sebanyak 97 responden atau 95,1 persen dan maksud melakukan perjalanan didominasi oleh jawaban traveling/vacation sebanyak 79 jawaban. Sumber informasi yang menjadi rujukan melakukan perjalanan adalah informasi dari event pariwisata sebanyak 50 jawaban dan jawaban segmentasi wisata favorit adalah culture sebanyak 46 jawaban. Pada analisis mix marketing mengenai produk yang ditawarkan di New York Travel & Adventure Show 2024, faktor price memiliki persentase skor tertinggi dengan 89,2 persen, disusul faktor place dengan persentase skor 84,5 persen. Adapun kelima faktor lainnya berada di interval nilai baik. Secara total, produk yang ditawarkan oleh industri pariwisata Indonesia pada kegiatan New York Travel & Adventure Show 2024 berada di interval nilai 79,7% dan dapat dikatakan baik.