
Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Transportasi umum memiliki peran penting dalam mobilitas masyarakat Indonesia,
termasuk layanan travel seperti Jackal Holidays yang menghadapi tantangan
meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi atribut
layanan menggunakan service blueprint, model Kano, SERVQUAL, dan matriks
IPA untuk memahami kesenjangan layanan, mengidentifikasi atribut kunci yang
memengaruhi kepuasan pelanggan, dan memberikan rekomendasi prioritas
perbaikan. Hasil penelitian diharapkan membantu Jackal Holidays memenuhi
ekspektasi pelanggan untuk mempertahankan posisi sebagai pilihan utama travel di
Indonesia.
Tahap pengumpulan dan pengolahan data pada penelitian ini mencakup identifikasi
service blueprint untuk memahami perjalanan layanan secara sistematis, validasi
atribut menggunakan metode CVR dan CVI untuk menilai relevansi atribut, serta
evaluasi atribut melalui model Kano untuk mengklasifikasikan dampaknya
terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, metode SERVQUAL digunakan untuk
mengukur kesenjangan antara harapan dan persepsi pelanggan, sedangkan matriks
IPA memetakan atribut berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja. Hasil dari
ketiga metode tersebut diintegrasikan untuk memberikan rekomendasi strategis
terkait arah dan prioritas perbaikan layanan yang efektif bagi peningkatan kepuasan
pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut jasa Jackal Holidays sebagian besar
belum memenuhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan klasifikasi Kano, kesenjangan
harapan dan persepsi, dan matriks IPA, Jackal Holidays memiliki atribut prioritas
untuk diperbaiki seperti kemudahan mendapatkan tiket, keberangkatan tepat waktu,
dan keamanan di stasiun travel yang termasuk ke dalam dua kategori prioritas
teratas. Dengan prioritas tersebut, diharapkan dapat menjadi acuan Jackal Holidays
untuk memperbaiki kinerja jasanya.