Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
TS merupakan platform edutech yang menyediakan layanan bimbingan belajar daring dan
luring bagi siswa SMP dan SMA. Selama lima tahun beroperasi, TS belum melakukan
evaluasi kepuasan pelanggan secara menyeluruh, meskipun data internal menunjukkan
adanya fluktuasi signifikan pada pendapatan bulanan dan jumlah pengguna aktif antara
Januari 2024 hingga April 2025. Hasil wawancara dengan stakeholder dan hasil observasi
menunjukkan adanya berbagai keluhan pelanggan. Kondisi ini menunjukkan adanya
permasalahan dalam pengelolaan kualitas layanan, kurangnya pemetaan kebutuhan
pelanggan, dan tidak adanya sistem evaluasi kepuasan yang terstruktur.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan kualitas layanan TS melalui identifikasi
atribut layanan yang memengaruhi kepuasan pelanggan, penentuan atribut kritis yang
diprioritaskan untuk perbaikan, serta penyusunan usulan implementasi solusi. Metodologi
penelitian mengacu pada engineering design process dengan dukungan pendekatan Fuzzy
Kano Model dan Fuzzy Importance Performance Analysis (FIPA). Data primer diperoleh
melalui kuesioner kepada 102 pelanggan aktif TS periode Januari–April 2025. Analisis
dilakukan untuk mengklasifikasikan atribut layanan, menentukan tingkat kepentingan dan
performansi, serta menyusun prioritas perbaikan melalui situation analysis dan prinsip TRIZ.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 23 atribut layanan yang memengaruhi kepuasan
pelanggan. Dari jumlah tersebut, 7 atribut teridentifikasi sebagai kritis, dan 5 atribut
diprioritaskan untuk perbaikan. Usulan implementasi dituangkan dalam bentuk project
charter yang dapat dijadikan pedoman manajerial. Penelitian ini berkontribusi dengan
memberikan kerangka evaluasi layanan berbasis data serta rekomendasi perbaikan strategis
yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, memperkuat kualitas pembelajaran, dan
mendukung daya saing TS di industri pendidikan digital.
Perpustakaan Digital ITB