digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK - IKRIMAH
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

(Program Studi Magister Teknik Sipil) Pekerjaan timbunan diatas tanah lunak merupakan suatu tantangan yang hams di hadapi dalam pekerjaan Jalan Tol. Pada pekerjaan timbunan Jalan Tol di kabupaten Langkat ditemukan lokasi pekerjaan dengan ketebalan tanah lunak yang bervariasi, sehingga pada saat pekerjaan timbunan terjadi kelongsoran pada badan jalan dan setelah dilakukan penyelidikan tanah ditemukan lapisan tanah lunak yang cukup tebal dibawah lapisan tanah dasar di badan jalan sisi kanan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanah lunak terhadap stabilitas timbunan den juga metode perkuatan tanah yang dapat diterapkan pada Lokasi tersebut. Dilakukan analisis terhadap desain awal menggunakan tiga model analisa yaitu dengan model mohr-colomb, hardening soil, dan soft soil, selanjutnya dilakukan analisis dengan perkuatan tanah menggunakan dua metode perkuatan yaitu menggunakan metode pile embankment dan juga metode stone column dengan menggunakan persamaan litelatur yang dikalibrasi dari hasil penyelidikan tanah lapangan untuk mendapatkan parameter tanah yang digunakan. Analisis dilakukan dengan bantuan piranti lunak Metode Elemen Hingga Plaxis 2D. Hasil penelitian menunjukkan kondisi keruntuhan pada desain awal menggunakan data tanah tambahan sesuai dengan kondisi keruntuhan badan jalan di lapangan dimana keruntuhan terjadi pada timbunan 2 m. Dari hasil analisis menggunakan perkuatan tanah pile embankment didapatkan nilai faktor keamanan terkecil 1,82 dan penurunan terkecil -5,3 cm, dan pada metode stone column didapatkan faktor keamanan terkecil 1,29 dengan penurunan terkecil -8,5 cm. Penelitian ini memberikan wawasan penting dalam pemilihan metode perkuatan tanah yang optimal untuk menangani pekerjaan timbunan diatas tanah lunak dengan valiasi ketebalan lapisan.