Permintaan produk unggas, terutama ayam broiler, terus meningkat dalam
beberapa tahun terakhir, sehingga sistem kemitraan menjadi sangar penting dalam
industri peternakan broiler di Indonesia untuk meningkatkan produktifitas,
keberlanjutan, dan efisiensi biaya. Tesis ini berfokus pada pemilihan mitra bisnis
peternakan yang optimal untuk ALZ Broilers, sebuah bisnis peternakan ayam
broiler yang berloksi di Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Penelitian
ini menangani tantangan yang dihadapi ALZ Broilers akibat hasil yang tidak
memuaskan dan ketidakefisienan dengan mitra mereka saat ini, yang telah
menyebabkan keuntungan yang tidak optimal. Tujuan utama dari penelitian ini
adalah menentukan dan menganalisis kriteria yang penting untuk memilih mitra
potensial guna meningkatkan efisiensi dan profitabilitas ALZ Broilers serta
mengevaluasi bobot setiap kriteria dalam proses pengambilan keputusan. Dengan
pendekatan komprehensif, penelitian ini menggunakan analisis sebab-akibat
melalui teknik diagram Fishbone dan Situational Appraisal melalui Kepner-Tregoe
Analysis. Proses pengambilan keputusan disusun dalam delapan tahap
menggunakan Simple Multi-Attribute Rating Technique (SMART), metode Multi-
Criteria Decision Making (MCDM), untuk menilai mitra potensial secara sistematis
berdasarkan faktor seperti harga Day-Old Chick (DOC), biaya pakan, harga jual
ayam, kualitas DOC, bonus pasar, dan kenyamanan kemitraan.
Selain itu, dilakukan juga Potential Problem Analysis untuk mengantisipasi dan
mengurangi risiko yang terkait dengan setiap opsi kemitraan. Penelitian ini pada
akhirnya mengidentifikasi mitra yang paling cocok untuk berkolaborasi denan ALZ
Broilers pada periode berikutnya, memastikan bahwa kemitraan bisnis peternakan
mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, efisiensi dan profitabilitas.
Kerangka strategis ini menggabungkan berbagai teknik analitis untuk
meningkatkan pengambilan keputusan yang paling sesuai guna memastikan
pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan peningkatan profitabilitas bagi ALZ
Broilers.