digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Berbagai aspek kehidupan manusia perlahan mulai berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Begitupun dengan industri fashion yang kini penyebarannya dapat mencakup ke seluruh penjuru dunia melalui media internet. Perkembangan teknologi pun berdampak besar terhadap gaya hidup masyarakat seperti pergeseran kebiasaan berbelanja yang kini mulai menyukai berbelanja secara daring melalui aplikasi mobile. Meski begitu, masyarakat tidak sepenuhnya yakin dalam berbelanja/ashion melalui toko online. Pengaduan terbanyak tentang online shopping yang masuk ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia yaitu barang tidak sesuai. Melalui penelitian ini, penulis menawarkan solusi berupa Virtual Fashion Styling. Solusi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu aplikasi mobile belanja produkfashion yang produkfashion-nya sudah dikelompokkan ke dalam fashion style dan tujuan pemakainnya (event) masing-masing dan virtual try-on. Solusi ini mengadaptasi konsep manekin dan mengkombinasikannya dengan teknologi virtual try-on. Solusi ini dirancang dengan menerapkan metode The Five Planes yang terdiri dari strateg,t plane, scope plane, structure plane, skeletonplane, dan surface plane. Prototipe yang akan dibuat adalah high fidelity dari desain interaksi virtual fashion style. Pengujian desain interaksi ini menggunakan Usability Testing dan berfokus pada aspek easy to learn dan effective to use. Solusi ini berhasil mencapai target nilai SEQ (Single Ease Questloz) sebesar 6,012 (batas minimal 5,5) dan nilai SUS (System Usability Scale) sebesar 78,99 (batas minimal 68) pada Usability Testing. Dengan hasil pengujian tersebut, solusi ini dinilai mampu untuk memenuhi kebutuhan pengguna.