digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Dominikus Hersiwi Pambagyo
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Sebagai salah satu negara kepulauan dan maritim terbesar di dunia, Indonesia memerlukan adanya konektivitas yang baik antar pulau demi menyejahterakan ekonomi masyarakat Indonesia secara merata. Pelabuhan laut Sungai Nyamuk yang terletak di Pulau Sebatin, Provinsi Kalimantan Utara ini merupakan salah satu pelabuhan yang menjadi salah satu akses logistik dan penumpang yang melayani Pulau Sebatik. Pada pelabuhan ini, akan dirancang mampu menerima kapal kargo dengan kapasitas 3.000 DWT dan kapal penumpang 25 GT sehingga melayani dua dermaga sekaligus yakni dermaga multipurporse dan dermaga penumpang. Tugas Akhir ini membahas perancangan struktur dermaga multiporpse, dermaga penumpang, serta trestle sebagai akses dari dermaga menuju daratan. Lingkup pembahasan Tugas Akhir meliputi pengumpulan dan pengolahan data, perancangan desain awal struktur agar dapat memperhitungkan beban yang bekerja, pemodelan dan analisis struktur dengan perangkat lunak SAP2000, perancangan penulangan elemen struktural, perhitungan serta analisis sambungan pada frame, serta analisis terhadap daya dukung tanah pada lokasi dermaga. Elemen struktural pada struktur mencakup balok, pelat, tiang pancang, dan pile cap. Pemodelan dan analisis struktur akan dilakukan sesuai dengan batasan nilai UCR dan defleksi yang dapat diterima oleh struktur sesuai batasan standar. Output dari pemodelan berupa desain optimum dan akan didapatkan gaya dalam beserta reaksi perletakan struktur dermaga yang akan digunakan pada desain tulangan elemen structural, analisis sambungan frame, dan analisis daya dukung tanah. Struktur dermaga multipurpose hasil perancangan memiliki dimensi panjang 113,5 m dengan lebar 17,5 m, struktur trestle hasil perancangan memiliki dimensi panjang 2.115 m dengan lebar 5,5 m, serta dermaga penumpang hasil perancangan memiliki dimensi panjang 12 m dan lebar 4 m. Tiang pancang yang digunakan pada dermaga multipurpose memiliki diameter 500 mm dengan ketebalan 12 mm dan akan dipancang hingga kedalaman 16 m di bawah dasar laut dari seabed. Tiang pancang yang digunakan pada trestle memiliki diameter 400 mm dengan ketebalan 10 mm dan akan dipancang hingga kedalaman 12 m di bawah dasar laut dari seabed. Tiang pancang yang digunakan pada dermaga penumpang memiliki diameter 254 mm dengan ketebalan 8 mm dan akan dipancang hingga kedalaman 16 m di bawah dasar laut dari seabed. Hasil dari Tugas Akhir ini berupa dimensi struktur beserta dimensi elemen struktural dari struktur, fasilitas berlabuh dan bertambat kapal, detail penulangan elemen struktural dermaga, beserta kedalaman pemancangan tiang pancang.