digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Perekonomian Indonesia sangat bergantung pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang membutuhkan inovasi dan transformasi digital untuk meningkatkan daya saing di era ekonomi berbasis pengetahuan. Studi kasus pada Perusahaan Air Arbas mengungkapkan beberapa permasalahan terkait sistem kemitraan, termasuk komunikasi yang terbatas dan manajemen data pelanggan yang kurang terstruktur. Kondisi ini menyebabkan lambatnya respons terhadap keluhan pelanggan dan rendahnya efisiensi operasional. Solusi yang diusulkan dalam penelitian ini adalah pengembangan Customer Relationship Management (CRM) digital untuk meningkatkan pengelolaan data pelanggan, mempercepat proses komunikasi dengan mitra, serta meningkatkan responsivitas perusahaan terhadap kebutuhan pelanggan. Sistem CRM yang dikembangkan juga terintegrasi dengan data analitik untuk mendukung pengambilan keputusan strategis yang lebih efektif. Dengan implementasi sistem CRM digital ini, Perusahaan Air Arbas diharapkan mampu memperbaiki efisiensi operasional, meningkatkan kepuasan pelanggan, serta mengoptimalkan hubungan kemitraan dengan UMKM. Penerapan transformasi digital ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi UMKM lain untuk meningkatkan performa bisnis di tengah dinamika pasar yang semakin kompleks.