







Pertumbuhan e-commerce telah mengubah industri ritel secara global, dan sektor
smartphone serta gadget tidak terkecuali. Di Indonesia, platform e-commerce telah
berkembang pesat, menawarkan kenyamanan lebih bagi para pembeli. Namun,
merek smartphone masih menghadapi tantangan besar di pasar online. Sejak
pasca-pandemi, pangsa pasar online telah menurun karena banyak pelanggan
yang masih lebih memilih membeli produk di toko fisik. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis lanskap e-commerce dan perjalanan pelanggan khususnya
untuk pembelian smartphone dan gadget. Penelitian ini berusaha memahami faktor
yang mendorong konsumen memilih belanja online dibandingkan dengan belanja
di toko fisik serta memberikan wawasan dan rekomendasi yang dapat digunakan
oleh produsen smartphone dan platform e-commerce untuk meningkatkan
kehadiran mereka di pasar online.
Studi ini menjawab beberapa pertanyaan kunci terkait perilaku konsumen: Apa
yang mendorong pelanggan untuk membeli smartphone dan gadget secara online
dibandingkan di toko fisik? Bagaimana mereka memandang pengalaman belanja
online mereka, dan faktor-faktor apa yang berkontribusi pada kepuasan atau
ketidakpuasan mereka? Tantangan apa yang mereka hadapi saat berbelanja
online, dan bagaimana mereka mengatasinya? Bagaimana mereka merespons
pemasaran dan rekomendasi yang dipersonalisasi? Dan faktor apa yang
mempengaruhi loyalitas serta pembelian ulang mereka di pasar online?
Dengan menggunakan Customer Decision Journey, Marketing Technology, dan
analisis Porter’s Five Forces sebagai kerangka teori, studi ini akan menganalisis
dan mengembangkan strategi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Faktorfaktor kunci yang mempengaruhi perilaku konsumen yang diidentifikasi dalam
penelitian ini meliputi pengiriman, promosi, informasi toko, dan kemudahan
menemukan informasi. Temuan dari penelitian ini akan digunakan untuk membuat
solusi bisnis dan rencana implementasi yang memberikan wawasan dan
rekomendasi berharga bagi produsen smartphone dan platform e-commerce untuk
secara efektif mengatasi tantangan pasar dan meningkatkan strategi online
mereka.