digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Yosua Edward Ransoen
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 1 Yosua Edward Ransoen
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 2 Yosua Edward Ransoen
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 3 Yosua Edward Ransoen
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 4 Yosua Edward Ransoen
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 4 Yosua Edward Ransoen
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

BAB 5 Yosua Edward Ransoen
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

PUSTAKA Yosua Edward Ransoen
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza Ringkasan

Pertumbuhan e-commerce telah mengubah industri ritel secara global, dan sektor smartphone serta gadget tidak terkecuali. Di Indonesia, platform e-commerce telah berkembang pesat, menawarkan kenyamanan lebih bagi para pembeli. Namun, merek smartphone masih menghadapi tantangan besar di pasar online. Sejak pasca-pandemi, pangsa pasar online telah menurun karena banyak pelanggan yang masih lebih memilih membeli produk di toko fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lanskap e-commerce dan perjalanan pelanggan khususnya untuk pembelian smartphone dan gadget. Penelitian ini berusaha memahami faktor yang mendorong konsumen memilih belanja online dibandingkan dengan belanja di toko fisik serta memberikan wawasan dan rekomendasi yang dapat digunakan oleh produsen smartphone dan platform e-commerce untuk meningkatkan kehadiran mereka di pasar online. Studi ini menjawab beberapa pertanyaan kunci terkait perilaku konsumen: Apa yang mendorong pelanggan untuk membeli smartphone dan gadget secara online dibandingkan di toko fisik? Bagaimana mereka memandang pengalaman belanja online mereka, dan faktor-faktor apa yang berkontribusi pada kepuasan atau ketidakpuasan mereka? Tantangan apa yang mereka hadapi saat berbelanja online, dan bagaimana mereka mengatasinya? Bagaimana mereka merespons pemasaran dan rekomendasi yang dipersonalisasi? Dan faktor apa yang mempengaruhi loyalitas serta pembelian ulang mereka di pasar online? Dengan menggunakan Customer Decision Journey, Marketing Technology, dan analisis Porter’s Five Forces sebagai kerangka teori, studi ini akan menganalisis dan mengembangkan strategi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Faktorfaktor kunci yang mempengaruhi perilaku konsumen yang diidentifikasi dalam penelitian ini meliputi pengiriman, promosi, informasi toko, dan kemudahan menemukan informasi. Temuan dari penelitian ini akan digunakan untuk membuat solusi bisnis dan rencana implementasi yang memberikan wawasan dan rekomendasi berharga bagi produsen smartphone dan platform e-commerce untuk secara efektif mengatasi tantangan pasar dan meningkatkan strategi online mereka.