digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Antrean dan jumlah penumpang domestik yang terus meningkat setiap tahunnya menandakan adanya peningkatan permintaan pelayanan penumpang di area check in. Hal ini perlu diimbangi dengan pelayanan penumpang yang optimum sehingga dirasa perlu untuk dilakukan analisis kinerja antrean untuk tahun eksisting dan peramalannya untuk tahun 2034 serta pengembangan skenario yang diusulkan untuk meningkatkan pelayanan penumpang pada area check in. Pada penelitian ini, metode ekonometrik digunakan untuk meramalkan jumlah penumpang pada tahun 2034, sedangkan model simulasi mikroskopik digunakan untuk menentukan kinerja antrean penumpang dengan bantuan software PTV Viswalk. Parameter kinerja antrean yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain lama waktu maksimum penumpang dalam antrean (maximum waiting time) dan kerapatan rata-rata antrean (density). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja antrean pada tahun 2024 dan 2034 belum memenuhi standar pelayanannya dengan LOS D dan LOS E untuk parameter kerapatan rata-rata dan lama waktu maksimum penumpang mengantre yang lebih dari 5 menit. Pada tahun 2034, area check in sebaiknya dikembangkan dengan mengganti manual dengan self-service bag drop sebanyak 9 counter dan mengurangi SSCI menjadi sebanyak 8 buah dengan disiplin antrean First In First Out (FIFO).