Ulasan online memiliki dampak signifikan terhadap keberlangsungan aplikasi
mobile commerce (m-commerce). Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa
ulasan online menjadi landasan konsumen dalam pengambilan keputusan pada
penggunaan atau pembelian produk dan jasa. Namun, kenyataannya, kurang dari
setengah pengguna m-commerce yang menulis ulasan produk setelah pembelian.
Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk memahami secara mendalam
faktor-faktor yang mendorong pengguna memberikan ulasan terhadap produk pada
platform m-commerce. Penelitian ini menggunakan Modified Theory of Planned
Behavior dan Self-Determination Theory sebagai pedoman untuk menyelidiki
faktor-faktor yang memengaruhi kecenderungan orang menulis ulasan bagi
pedagang dalam m-commerce dan kaitannya dengan desain platform m-commerce
yang disediakan. Jumlah pengguna m-commerce yang dikumpulkan sebanyak 180
sampel di Indonesia. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Structural
Equation Modelling melalui SMARTPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa faktor intrinsik seperti altruistic dan utilitarian serta ekstrinsik, yakni MCP’s
empathy ditemukan memengaruhi attitude towards writing online reviews. Namun,
faktor intrinsik lainnya seperti knowledge self-efficacy dan emotion tidak
menunjukkan pengaruh yang signifikan. Selain itu, faktor ekstrinsik lainnya seperti
interactivity, convenience dan functionality terbukti memengaruhi perceived
behavioral control pengguna. Selanjutnya, descriptive norms, attitude towards
writing online reviews, dan perceived behavioral control memiliki pengaruh positif
terhadap intensi melakukan tindakan menulis ulasan, dengan descriptive norms
memainkan peranan utama. Jenis kelamin dan tingkat pendidikan digunakan
sebagai variabel kontrol untuk mengetahui perbedaan rata-rata antar kelompok.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan pandangan
mengenai faktor-faktor yang mendorong penulisan ulasan online, baik dari dalam
diri pengguna maupun platform m-commerce.