digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC Open In Flip Book Dewi Supryati

Ulasan online memiliki dampak signifikan terhadap keberlangsungan aplikasi mobile commerce (m-commerce). Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ulasan online menjadi landasan konsumen dalam pengambilan keputusan pada penggunaan atau pembelian produk dan jasa. Namun, kenyataannya, kurang dari setengah pengguna m-commerce yang menulis ulasan produk setelah pembelian. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk memahami secara mendalam faktor-faktor yang mendorong pengguna memberikan ulasan terhadap produk pada platform m-commerce. Penelitian ini menggunakan Modified Theory of Planned Behavior dan Self-Determination Theory sebagai pedoman untuk menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi kecenderungan orang menulis ulasan bagi pedagang dalam m-commerce dan kaitannya dengan desain platform m-commerce yang disediakan. Jumlah pengguna m-commerce yang dikumpulkan sebanyak 180 sampel di Indonesia. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Structural Equation Modelling melalui SMARTPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor intrinsik seperti altruistic dan utilitarian serta ekstrinsik, yakni MCP’s empathy ditemukan memengaruhi attitude towards writing online reviews. Namun, faktor intrinsik lainnya seperti knowledge self-efficacy dan emotion tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Selain itu, faktor ekstrinsik lainnya seperti interactivity, convenience dan functionality terbukti memengaruhi perceived behavioral control pengguna. Selanjutnya, descriptive norms, attitude towards writing online reviews, dan perceived behavioral control memiliki pengaruh positif terhadap intensi melakukan tindakan menulis ulasan, dengan descriptive norms memainkan peranan utama. Jenis kelamin dan tingkat pendidikan digunakan sebagai variabel kontrol untuk mengetahui perbedaan rata-rata antar kelompok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan pandangan mengenai faktor-faktor yang mendorong penulisan ulasan online, baik dari dalam diri pengguna maupun platform m-commerce.