Pembelajaran geometri tiga dimensi seringkali menjadi tantangan bagi siswa kelas
12 SMA karena sifatnya yang abstrak dan sulit divisualisasikan. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang dapat memfasilitasi
pemahaman konsep-konsep geometri tiga dimensi secara lebih interaktif dan
menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan sebuah
aplikasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital untuk membantu siswa
dalam memahami geometri tiga dimensi. Metode perancangan menggunakan
kerangka berfikir Garret yang terdiri dari lima tahap Strategy, Scope, Structure,
Skeleton, dan Surface yang setelahnya dilakukan usability testing untuk menguji
kemudahan penggunaan aplikasi.
Setelah tahap pengujian, dilakukan iterasi untuk mengevaluasi kinerja aplikasi dan
efektivitas fitur yang ada, serta untuk melakukan perbaikan pada keduanya.
Keunikan penelitian ini terletak pada pengintegrasian fitur-fitur khusus yang
dirancang untuk mengatasi kesulitan umum yang dihadapi siswa dalam
mempelajari geometri tiga dimensi. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi
signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang
pendidikan matematika dan teknologi pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini dapat
menjadi referensi bagi pengembangan aplikasi pembelajaran lainnya dengan fitur
serupa, yang berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai jenjang.
Dengan demikian, aplikasi yang dikembangkan tidak hanya mengatasi keterbatasan
media pembelajaran tradisional, tetapi juga menawarkan pendekatan baru dalam
pengajaran geometri tiga dimensi yang dapat diadaptasi di berbagai level
pendidikan.