digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri produk pendidikan anak di Indonesia sedang berkembang. Sebagai bisnis rintisan mahasiswa yang bergerak di industri ini dan akan melakukan peluncuran resmi, Lab Buddy perlu memikirkan strategi untuk membangun kesadaran dan melakukan penetrasi ke industri. Saat ini orang tua mempunyai kecenderungan untuk mencari informasi mengenai produk anak melalui Instagram. Lab Buddy perlu merancang strategi untuk memanfaatkan Instagram dalam menyampaikan konten promosi yang menarik target pasarnya, meningkatkan kesadaran tentang nilai dan penawaran Lab Buddy, dan mendorong niat beli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran media sosial yang efektif untuk Lab Buddy, mengungkapkan bahwa iklan adalah strategi yang sangat berdampak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Penelitian ini mengumpulkan data dari 205 orang tua yang memiliki anak kelas 1-3 SD, mengetahui dan mengikuti brand edukasi anak, serta menunjukkan kepedulian terhadap perkembangan pendidikan anaknya yang terlihat dari pembelian produk edukasi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hiburan dan kredibilitas berpengaruh positif terhadap nilai iklan yang dirasakan. Nilai iklan yang dirasakan juga berpengaruh positif terhadap kesadaran merek dan niat beli produk edukasi anak. Namun, keinformatifan tidak berdampak signifikan terhadap nilai yang dirasakan dalam iklan produk pendidikan anak. Lab Buddy dapat menggunakan temuan ini untuk menyusun strategi pemasaran media sosial yang menarik di Instagram untuk meningkatkan kesadaran merek dan niat beli.