digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Trend cashless dalam transaksi digital telah menggantikan metode pembayaran konvensional dalam kebutuhan keseharian. Kemudahan aksesibilitas layanan terhadap proses transaksi digital yang bersifat lebih personal telah menjadi bagian dari kehidupan. Dibalik setiap kemudahan atas perkembangan teknologi yang ada, terdapat proses desain dan keputusan desain yang membawa berbagai kemungkinan dampak yang berkelanjutan. Percepatan transformasi digital membawa berbagai implikasi terhadap masyarakat dan memunculkan berbagai permasalahan baru. Mulai dari perilaku impulsive buying, maraknya penipuan hingga fenomena pinjaman online. Penelitian ini memetakan cakupan intervensi desain pada perubahan perilaku dalam berbelanja dengan kombinasi data literatur, ethnography online, survei, dan wawancara sebagai landasan analisis berbagai aspek behavioral design dalam mempengaruhi keputusan pengguna. Hasil penelitian ini menyajikan strategi desain yang digunakan pada tahap perubahan perilaku dalam menavigasi layanan Paylater. Penerapan sudut pandang desain perilaku membantu mengidentifikasi efektivitas elemen desain dari setiap tahapan. Sehingga dapat memperkuat desain dan memitigasi atau meminimalisir risiko dari interaksi pengguna yang mungkin diabaikan.