Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Ciseatto merupakan UMKM yang bergerak pada sektor makanan dan minuman dengan
fokus menyediakan layanan catering dengan pengantaran gratis sesuai ketentuan di
Bandung. Layanan catering yang ditawarkan berupa catering harian dan acara. Penelitian
ini akan fokus pada layanan catering harian. Ciseatto menghadapi kendala performansi
penjualan pada catering harian yang tidak berjalan dengan baik di sepanjang 2023. Kendala
tersebut terjadi karena Ciseatto tidak dapat memetakan seluruh touchpoint dari setiap
pengalaman pelanggan (customer journey). Touchpoint yang tidak dipetakan dengan baik
membuat saluran (channel) pemasaran Ciseatto tidak optimal. Pada penelitian ini, upaya
untuk menghadapi kendala yang dirasakan Ciseatto adalah perancangan strategi pemasaran.
Perancangan strategi pemasaran yang digunakan adalah omnichannel mrekting berdasarkan
customer journey map eksisting. Metodologi dari penelitian ini dimulai dengan melakukan
identifikasi customer journey map pelanggan aktual dengan melakukan semi-structured
interview dan analisis tematik. Selanjutnya, dilakukan identifikasi strategi pemasaran
eksisting berdasarkan tahapan dari customer journey. Setelah itu, dilakukan evaluasi strategi
pemasaran eksisting dengan pola industry archetype. Berdasarkan hasil evaluasi, Ciseatto
yang memiliki pola funnel harus meningkatkan komitmen dan afinitas pelanggan. Hasil
evaluasi digunakan sebagai dasar perancangan usulan strategi omnichannel marketing
berdasarkan customer journey map eksisting untuk mencapai kondisi ideal. Usulan strategi
omnichannel marketing yang dirancang adalah integrasi touchpoint dan channel kritis pada
setiap tahapan customer journey untuk meningkatkan komitmen pelanggan, serta
gamification loyalty program untuk meningkatkan afinitas pelanggan.